Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console (Google Webmaster Tools)

Seperti yang kita ketahui bersama saat ini mesin pencari terbesar adalah Google, begitu pentingnya peran Google saat ini adalah untuk memudahkan kita mencari sesuatu yang tidak pernah kita ketahui dan muncul di halaman Google Search Engine. Pernahkah Anda membayangkan ketika mencari sebuah informasi di Google yang akan muncul adalah halaman blog kita, bukan tidak mungkin itu semua bisa terjadi pada blog kita. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools atau sekarang lebih dikenal dengan Google Search Console.

Sebetulnya saat pertama kita selesai membuat blog atau website sebaiknya segera daftarkan blog ke Google Search Console agar blog kita tersebut cepat ter-index oleh mesin pencari Google. Sebelum Anda mendaftarkan blog ke Google Search Console Anda harus memiliki akun Google atau Gmail terlebih dahulu tetapi kalau Anda memiliki blogger otomatis Anda mempunyai akun Google karena pendaftaran pertama harus memiliki akun tersebut.

Berikut langsung saja kita simak langkah cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools atau Google Search Console :

1. Masuk ke halaman Google Search Console.
2. Kemudian masukkan URL blog Anda pada Awalan URL, sedangkan Domain jika blog Anda sudah dirubah ke TDL (Top Domain Level) .com | .co.id | dll. Kemudian klik TERUS.
3. Kemudian verifikasi blog dengan menambahkan Tag HTML pada blog.
4. Tambahkan kode Tag HTML pada tema blog dibawah kode <head>
5. Klik VERIFIKASI pada website Google Search Console, tunggu beberapa saat sampai blog berhasil diverifikasi setelah pemasangan tag HTML pada tema blog.
6. Kemudian setelah berhasil klik Sitemaps kemudian masukkan kode berikut pada kolom sitemap URL dan klik SUBMIT.
sitemap.xml
7. Kalau sudah berhasil akan muncul jumlah posting pada blog Anda yang sudah terdaftar.

Nah, itu tadi cara mendaftarkan blog ke Google Search Console atau Google Webmater Tools. Setelah Anda mendaftarkan blog ke Google tunggu beberapa hari blog Anda akan ter-index oleh mesin pencari Google, semakin rutin Anda memposting artikel pada blog akan cepat dan mudah ter-index oleh mesin pencari Google. Semoga berhasil dan bermanfaat!
Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.