Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Apakah Anda tertarik dengan aktifitas blogging meski tidak terlalu tahu apa yang harus anda lakukan? Anda tidak punya pengalaman serta minim kemampuan teknis? Atau Anda belum berhasil menghasilkan uang pada blog post pertama? Di artikel kami kali ini Anda akan menemukan cara mendapatkan uang dari blogging. Perlahan-lahan anda akan mendapatkan uang dari blog. Bagaimana caranya? Simak pada artikel kami.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Blog?

Berikut beberapa langkah dasar yang harus anda lakukan dari kebanyakan blogger yang mengandalkan blog sebagai penghasilan tambahan.

  • Membuat website atau blog
  • Menghasilkan konten yang berkualitas
  • Menemukan pembaca
  • Membangun hubungan dengan pembaca yang datang ke blog Anda
  • Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang ada.

Terlihat mudah bukan? Pada beberapa proses, memang terlihat cukup sederhana tapi Anda akan mengetahui lebih banyak setelah Anda menjalaninya.


1. Memulai sebuah blog

Untuk dapat mendapatkan uang dari blog, tentu Anda harus memiliki sebuah blog. Ada beberapa langkah mudah yang Anda lakukan untuk memulai sebuah blog :

  • Pilih platform blog Anda. Anda memerlukan Platform blog atau alat yang akan membantu Anda supaya konten berada di website. Ada banyak jenis platform blog yang tersedia, salah satunya adalah WordPress yang termasuk platform paling populer serta banyak dipakai karena beberapa alasan, seperti Penggunaannya gratis, Mudah digunakan, Banyak digunakan orang dan dilengkapi sistem keamanan, serta tersedia banyak tema gratis.
  • Menentukan nama domain dan hosting anda. Langkah selanjutnya adalah menentukan nama domain (alamat blog Anda). Tiap blog memiliki nama domain sendiri-sendiri, jadi Anda harus kreatif untuk menemukan nama domain yang belum dipakai orang lain dan sesuai tema dengan konten Blog anda. Misalkan tema blog anda tentang kuliner, anda bisa memakai domain MakanEnak.com jika belum dipakai orang. Sedangkan web hosting sebagai tempat penyimpanan data blog anda, biasanya sudah sepaket dengan domain. Akan lebih mudah dan murah lagi apabila Anda berlangganan paket WordPress hosting.
  • Konfigurasi blog. Jika anda kebinggungan untuk mengkonfigurasi blog anda di wordpress, anda bisa mencari dan membacat tutorial cara mengkonfigurasi blog di IDwebhost.
  • Design blog. Desain blog menjadi Kesan pertama sangat penting jadi Anda harus memilih design yang dapat membuat blog Anda menarik dan unik dari blog lain.

2. Membuat Konten yang Berkualitas

Bukan namanya blog jika tanpa konten. Jadi setelah anda memiliki blog, Anda membuat konten yang bermanfaat. Kunci keberhasilannya yaitu menghasilkan konten yang bermanfaat bagi pembaca. Konten yang bisa menginspirasi, menyelesaikan masalah, menghibur serta mengubah kehidupan orang lain. Hal tersebut membangun kepercayaan dengan pembaca anda. Semua ini sangat penting jika nantinya anda ingin menghasilkan uang dari blog.

3. Menarik Para Pembaca

Bila Anda ingin menghasilkan uang dari blog, buat blog anda semenarik mungkin dan jangan lupa untuk mempromosikannya. Misalnya dengan aktif menitipkan link blog anda di kolom komentar blog lain, hal itu bertuuan untuk merupakan promosi gratis dan juga salah satu cara agar blog anda dikenal dan mungkin akan dikunjungi pengunjung. Anda cari tahu tempat berkumpul para warganet sesuai dengan tema blog anda, misalkan tema blog anda tentang kuliner. Anda bisa mencari group-group kuliner di Facebook, lalu anda bergabunglah dengan mereka. Setelah diterima masuk group tersebut, anda rajin-rajinlah untuk berkomentar dan memberi saran jika ada penghuni group yang bertanya mengenai kuliner, dan jangan lupa untuk promosikan blog anda secara menarik, hal itu untuk menarik para pembaca untuk berkunjung ke blog anda.

4. Membangun Kedekatan dengan Pembaca

Selain anda fokus pada pembuatan konten yang bermanfaat, anda juga harus rutin untuk menjawab komentar-komentar pada postingan blog anda jika ada pembaca yang berkomentar. Tentu, itu merupakan cara membangun hubungan yang kuat dengan pembaca blog anda. Berikan jawaban yang membangun supaya pembaca tidak bosan. Memang hal diatas merupakan hal sepele tetapi memiliki kesan mendalam bagi pembaca anda.

5. Blog Anda Telah Siap Untuk Menghasilkan Uang

Empat langkah diatas yaitu memulai sebuah blog, membuat konten yang bermanfaat, menemukan pembaca, serta membangun kedekatan dengan pembaca. Merupakan dasar penting yang sangat Anda perlukan sebelum blog Anda bisa menghasilkan uang untuk jangka panjang. Anda pertahankan 4 hal diatas dan lakukanlah secara rutin terus menerus dengan tidak menurunkan kualitas konten anda ya. Saya jamin blog anda akan bisa menghasilkan uang yang bermanfaat untuk anda juga bermanfaat bagi pembaca karena telah mendapatkan informasi yang bermanfaat dari konten blog anda.

6. Sumber Penghasilan dari Blog
IDwebhost


Berikut 6 sumber penghasilan dari blog yang mungkin anda belum mengetahuinya.
  1. Iklan
    Cara ini sama seperti memasang iklan pada koran atau majalah. Ketika traffic mulai naik, Anda akan dihubungi para pengiklan yang bersedia mengeluarkan biaya lebih supaya produk atau layanan mereka bisa dilihat oleh pembaca blog Anda. Kami sarankan anda untuk mendaftar dan menggunakan layanan google adsense yang sudah terbukti dapat menghasilkan uang dari blog anda.
  2. Afiliasi
    Promosi dengan afiliasi sudah menjadi hal umum yang dilakukan oleh para blogger. Caranya yaitu Anda membuat tautan ke sebuah produk yang dijual di situs lain, misalnya di blog IDwebhost, disitu ada pengunjung yang meng klik tautan iklan produk lalu membelinya. Nah, disini kita akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan itu dari pemilik produk.
  3. Mengadakan Event
    Meski dengan mengadakan event tidak banyak dilakukan blogger, tapi cara ini bisa anda coba di blog anda. Caranya anda bekerja sama dengan pembuat event atau sponsor, misalnya anda bekerjasama dengan perusahaan minuman yang mau mengadakan event lomba lari marathon tahunan, lalu anda diminta untuk membuat iklan atau banner di blog anda. Jika banyak yang mengetahui iklan tersebut dan mengkliknya, tentu saja akan banyak orang yang mengikuti event tersebut. Nah, anda akan mendapatkan penghasilan dari event tersebut. 
  4. Recurring Income
    Penghasil uang bagi para blogger yang lain adalah melalui recurring income atau continuity program atau biasa disebut membership program. Ini berarti pengujung membayarkan sejumlah uang secara rutin, biasanya bulanan atau tahunan, untuk mendapatkan akses ke konten premium, area komunitas, layanan premium, dan pelatihan. 
  5. Jasa atau layanan
    Cara ini juga banyak dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan uang. Dengan menawarkan jasa atau layanan ke pembaca. contohnya seperti pelatihan, konsultasi, penulisan, design, keamanan, dan layanan freelance lainnya. 
  6. Produk
    Sebagian blogger juga mendapat penghasilan utama dari penjualan buku. Memang produk seperti itu membutuhkan waktu untuk pembuatannya, tetapi cukup menguntungkan. Produk bisa berupa e-book, juga bisa berupa produk virtual seperti software, laporan atau bisa juga produk dalam bentuk fisik.
Pendapatan Langsung Atau Tidak Langsung?
IDwebhost


Sebagai kesimpulan dari artikel ini, blogger bisa menghasilkan uang langsung dari blog mereka sedangkan yang lain bisa memperoleh pendapatan secara tidak langsung karena blog mereka. Masih belum paham ? yuk simak penjelasan dari IDwebhost!

Pendapatan langsung

Blogger bisa meletakkan iklan google AdSense di blog dan mempromosikan produk anda di Amazon sebagai afiliasi dan bisa untuk menaikkan traffic blog anda. Saat traffic meningkat, penghasilan anda juga akan meningkat.

Pendapatan tidak langsung

Ketika traffic blog anda terus meningkat dengan stabil, Anda bisa menjual jasa sebagai pembicara atau konsultan dan anda bisa mendapat tawaran menulis buku dari penerbit. Anda juga bisa mengadakan event pribadi sebagai penghasilan tambahan. Semua pendapatan adalah contoh pendapatan tidak langsung berkat blog anda memiliki traffic tinggi yang stabil

Penutup

Jadi, bagaimana? Anda sudah lebih memiliki gambaran mengenai monetisasi atau mendapatkan uang dari blog? Atau Anda justru menemukan ide lain yang lebih menguntungkan? Well, apa pun itu, yuk berbagi di kolom komentar dan semoga ulasan yang kami bahas dapat bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.